Yang Menarik di Banyuwangi

Belakangan, kota di ujung timur Pulau Jawa ini makin dikenal karena wisata pantai dan alam yang indah dan belum tersentuh. Bahkan, ombak laut Banyuwangi menjadi primadona peselancar dunia. Sambil berwisata alam, nikmati kuliner uniknya.
 
1. Kawah Ijen
Bak lukisan alam, melihat matahari terbit dari Kawah Ijen dikelilingi gunung, kawah dan pancaran blue fire. Hadiah indah di ujung pendakian.
 
2. Masjid Cheng Hoo
Dari jauh, orang yang melewatinya tidak akan menyangka bahwa bangunan ini adalah sebuah masjid. Bangunan rumah bergaya Tiongkok dan Arab ini dikenal dengan nama Masjid Cheng Hoo.
 
3. Kue Bagiak
Untuk oleh-oleh, wajib membawa kue bagiak. Kue tradisional seukuran jari telunjuk orang dewasa ini terbuat dari tepung sagu putih cocok untuk camilan ringan.
 
4. Air Terjun Pelangi Coklak

Air Terjun Pelangi Coklak mulai dilirik wisatawan karena punya keistimewaan warnanya yang berbeda-beda dan berada di tebing tinggi, meski harus rela pergi jauh ke daerah pedalaman Dusun Darungan, Desa Tegalharjo, Kecamatan Glenmore.

 
5. Botok Tawon
Bukan hanya madu, sarang lebahnya pun diolah menjadi makanan khas bernama botok tawon. Sarang lebah dikukus dan dicampur gula merah, asam, dan bawang merah. Rasanya segar.
 
6. Taman Nasional Baluran
Suasana alam liar khas Afrika juga ada di Banyuwangi, tepatnya di Taman Nasional Baluran. Di sini kita bisa berinteraksi dengan hewan liar, seperti rusa, jerapah, hingga macan tutul langsung di habitatnya.
 
7. Rujak Soto

Bayangkan bagaimana rasanya makan rujak, tapi dengan kuah soto. Gurih-gurih segar. Makanan unik ini disebut rujak soto ini harganya terjangkau, hanya Rp15.000. Cicipi Rujak Soto Warung Bu Yuyun, di depan Alun- Alun Banyuwangi.

 
8. Tahu Walik
Tahu walik ini biasanya dimakan sebagai camilan ringan. Tahu dicampur aci, lalu digoreng hingga crispy. Ada beberapa varian rasa dengan tambahan isian ayam atau daging.

 

Sumber: femina.co.id

Foto: http://travel.tribunnews.com