Tips Fashion Muslimah Bertubuh Mungil

 

Sekilas, menjadi mungil itu terlihat enak karena selalu terlihat imut dan menggemaskan. Tetapi kalau tidak mengenakan gaya busana yang tepat, kita bisa terlihat mengenaskan. Umumnya, muslimah bertubuh mungil  ingin terlihat lebih tinggi dan langsing. Nah, berikut ini beberapa tips agar Sahabat Muslimah yang bertubuh mungil bisa terlihat lebih tinggi tanpa menyalahi syariat.

Pilihlah warna monochrome

Memilih kombinasi fashion dengan nuansa satu warna dari ujung kepala hingga ujung kaki merupakan cara yang paling sederhana untuk membuat tubuh terlihat lebih tinggi.

Gunakan pola vertikal

Garis vertikal juga mampu membuat tubuhmu terlihat lebih tinggi. Sebaliknya,  menurut Jill Martin and Pierre A. Lehu, pengarang Fashion for Dummies, hindari garis horizontal yang akan membuat tubuh melebar alih-alih meninggi. Garis vertikal juga dapat dibentuk dengan menggunakan jaket atau cardigan sepanjang dress kamu.

 

Pakailah rok model A-Line.

Rok yang tepat untuk kamu yang bertubuh mungil adalah rok model A-Line, yaitu bagian atasnya mengecil pada bagian pinggang dan kemudian melebar di bagian bawahnya, seperti huruf A. 

 

Gunakan ikat pinggang yang tipis

Perempuan bertubuh mungil harus memilih ikat pinggang yang tipis, menurut Andy Paige, pengarang Style on Shoestring. Sebaiknya juga, pilih warna yang sesuai dengan outfit. Hindari sabuk berukuran besar atau tebal karena akan terlihat membagi tubuh menjadi dua bagian.

 

Celana panjang berpipa lebar atau high waist

Untuk mengesankan kaki yang jenjang, kita dapat memilih celana panjang berpipa lebar seperti palazzo atau celana dengan bagian pinggang yang tinggi (high waist pants). Sebaiknya hindari celana dengan model yang menggelembung seperti harem pants yang akan membuat kita terlihat melebar atau celana dengan pengikat di bagian pergelangan kaki.

 

Jangan takut bermain dengan motif

Menurut Caroline Misan Alvo, fashionista sekaligus pendiri Alvo Wellness yang juga bertubuh mungil, meski ukuran tubuh kita di bawah rata-rata, bukan berarti kita tidak boleh mengenakan busana bermotif. Namun supaya tubuh kita tidak tenggelam di lautan motif, pilihlah  motif yang kecil-kecil.

 

Sepatu juga bisa membuat kita terlihat lebih tinggi.

Sepatu berwarna nude akan membantu kita terlihat lebih tinggi. Untuk model, hindari sepatu model strap heels (sepatu dengan pengikat di mata kaki) dan wedges. Strap heels akan membuat siluet tubuhmu terputus sementara wedges akan membuat tubuhmu terlihat kotak. Untuk sepatu boots, menurut 40plusstyle.com, pilihlah boots tepat di bawah lutut, jangan kenakan boots setinggi  tulang kering.

 

Hati-hati dengan layering

Terlalu banyak tumpukan busana akan membuat tubuh kita tenggelam dan semakin pendek. Sebaiknya pilihlah satu outer berpotongan tegas atau berbahan tipis dengan ukuran panjang.

Meski tips-tips di atas bisa membuat sahabat terlihat lebih tinggi, tidak berarti selamanya kita harus mengikuti tips tersebut, lo. Masing-masing dari kita memiliki gaya tersendiri. Yang paling penting, kita tetap nyaman dengan pilihan fashion tersebut. Karena kita juga tidak kelihatan keren kalau tertekan dalam berbusana.

Sumber: saliha.id

Foto: pinterest