Curhat Keluarga: Menghadapi Suami Kecanduan Game Online

Bagaimana menghadapi suami yang kecanduan game online, dan kurang mau membantu mengurus anak, sehingga istri merasa sangat kesal. 

Jawab : Subhanalloh, kecanduan video game atau game online merupakan penyimpangan serius yang ditandai dengan waktu permainan yang berlebihan dan mengganggu fungsi normal kehidupan manusia sehari – hari. Bila didiamkan akan berdampak buruk bagi yang bersangkutan maupun orang-orang di lingkungan sekitarnya. Apalagi ini seorang suami, tentu akan merugikan keluarganya. Namun sebelum membahas cara untuk mengatasinya, baiknya diselidiki apa penyebabnya, tentu ada latar belakangnya.

Biasanya berawal dari pelarian masalah yang sedang dihadapi, sekedar refreshing atau iseng, bisa juga karena terbawa oleh teman atau lingkungan.
Gejala peringatan yang timbul dari orang yang kecanduan game tampak jika mulai melewatkan kegiatan sehari – hari seperti mandi dan makan untuk bermain, penurunan prestasi di sekolah atau tempat kerja, bermain game untuk menghindari kesulitan hidup, durasi bermain yang semakin lama seiring waktu, berbohong mengenai aktivitas game-nya, menunjukkan tanda – tanda terganggu apabila dipaksa berhenti bermain.

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasinya : 
1.    Niat yang kuat 
Cara mengatasi kecanduan game pada orang dewasa tidak akan dapat dilakukan dengan benar apabila yang bersangkutan tidak mengakui masalahnya sendiri. Untuk dapat pulih dari kecanduan game, pelakunya harus mengakui dengan lapang dada bahwa dirinya memiliki masalah.

Setelah proses pengakuan diri tersebut dilewati, maka niat yang kuat harus ditanamkan ke dalam diri untuk sembuh dan menjalani cara yang diperlukan mengatasi kecanduan tersebut. Jadi yang bersangkutan harus memahami dulu kerugian dan kecanduannya terhadap game online. 

2.    Mengenali pemicunya 
Anda perlu mengenali pemicu yang membuat suami bermain game secara berlebihan. Bermain game berlebihan seringkali merupakan bentuk pelarian diri atas masalah yang sedang dihadapi. 

Mencari penghiburan diri di kala stres memang suatu hal yang diperlukan, namun jika kegiatan bermain game tersebut menjadi suatu hal yang mulai berlebihan maka hal itu perlu diwaspadai. 

Ketika pemicunya sudah didapatkan, hal yang pertama harus dilakukan adalah mencoba mengatasi masalah yang menjadi akar kecanduan game tersebut, bukalah dialog, komunikasi yang lancar dan aman dengan suami, tidak menyudutkan atau menyalahkan. 

3.    Kurangi durasinya 
Cara mengatasi kecanduan game pada orang dewasa tidak mungkin dilakukan sekaligus. Karena, dengan durasi permainan yang panjang maka kesehariannya akan menjadi kosong mendadak jika langsung dihentikan. Lakukan proses berhenti bermain secara bertahap. Atur jadwal kapan untuk bermain atau keperluan lain, dan kapan akan memegang gadget untuk keperluan penting. Jangan melakukan permainan diluar jadwal yang sudah dibuat. Kurangi waktunya sedikit demi sedikit.

4.    Pengalihan aktivitas
Untuk mengganti waktu yang biasa dipakai bermain game, perlu disiapkan aktivitas lain yang menyenangkan. Anjurkanlah untuk menekuni hobi yang lainnya, bersosialisasi, mengajak main anak keluar rumah dan tidak membawa perangkat untuk bermain game. 

5.    Doa dan kesabaran

Tak ada yang lebih kuat dampak dari doa yang tulus kepada Allah SWT. Bantu suami dengan doa, agar dimudahkan untuk mengatasi masalahnya. Semua ini harus disikapi dengan kesabaran orangorang yang ada di sekitarnya. Bisa juga minta bantuan kawan-kawan atau keluarga yang lain untuk mengingatkan dan mengalihkan kegiatan bermain game-nya.