Apa Arti Warna Lidah Tentang Kesehatan Anda?

Apakah Anda suka penasaran dengan warna lidah Anda? Misalnya saja saat sedang menggosok gigi, Anda dikejutkan dengan warna lidah yang berwarna putih.

Ternyata, ada banyak hal yang dapat mengubah warna lidah Anda.

Lidah yang sehat berwarna merah muda. Jadi, jika melihat lidah Anda berubah warnanya, Anda pasti ingin mencari tahu apa yang terjadi.

Berikut panduan tentang warna lidah dan kaitannya bagi kesehatan Anda, serta apa yang harus Anda lakukan selanjutnya:

Warna putih
Lapisan putih tebal atau berat di permukaan lidah, juga dikenal sebagai leukoplakia, bisa berasal dari asap rokok atau iritasi pada lidah. Leukoplakia paling sering terjadi pada orang yang merokok. “Jangan salah mengartikannya sebagai sariawan. Sementara, warna putih yang terlihat seperti lapisan keju cottage di lidah sering juga dikaitkan dengan diabetes atau melemahnya sistem kekebalan tubuh,” ujar Dr Lee Gause, pendiri dan dokter gigi di Smile Design Manhattan.

Warna merah pada ujung lidah
Anehnya, warna merah pada ujung lidah dapat menandakan stres mental atau emosional. Warna ini bisa muncul saat Anda stres berat dan hilang dengan sendirinya saat kondisi mental Anda membaik.

Warna kuning
“Warna ini bisa menandakan masalah hati atau perut,” kata Dr. Jon Marashi, DDS, seperti dikutip dari Men’s Health. Namun, warna ini juga bisa berarti kondisi yang tidak menyeramkan, yaitu kesehatan gigi yang buruk, merokok, atau obat-obatan tertentu.

Warna coklat
Biasanya lidah warna cokelat berasal dari apa yang Anda makan atau minum: "Perubahan warna coklat lidah bisa karena kebiasaan minum kopi berat dan atau merokok. Jika lidah Anda berwarna coklat permanen, itu bisa berarti Anda mengalami masalah paru-paru karena merokok kronis,” kata Marashi.

Warna biru atau ungu
Lidah biru atau ungu bisa menjadi indikator gangguan jantung. “Jika jantung tidak memompa darah dengan benar, atau jika ada kekurangan oksigen dalam darah, lidah Anda bisa berubah menjadi ungu kebiruan,” jelas Marashi. Jika Anda melihat warna biru atau ungu, pastikan membuat janji dengan dokter Anda.

 

Sumber: https://beritagar.id

Foto: https://www.webmd.com