DT Peduli Kalimantan Selatan Sosialisasikan Klinik Gizi Sehati Pertamina

BANJARMASIN – DT Peduli Kalimantan Selatan menyosialisasikan program Klinik Gizi Sehati, program kerja sama antara DT Peduli Kalimantan Selatan dengan PT Pertamina Integrated Terminal Banjarmasin, Kamis (30/9). Sosialisasi diikuti para kader posyandu di Kelurahan Kuin Cerucuk.

Kepala DT Peduli Kalimantan Selatan, Indreswati, menjelaskan, selama enam bulan ke depan, seluruh posyandu di kelurahan Kuin Cerucuk akan diminta mengirimkan dua orang kader sebagai perwakilan. Mereka akan diberikan pelatihan secara teori maupun praktik tentang tugas dan pelaksanaan posyandu oleh ahlinya.

Selain itu, lanjut Indreswati, DT Peduli sebagai fasilitator dan pelaksana program Klinik Gizi Sehati Pertamina juga akan memberikan pendampingan, monitoring, dan evaluasi kegiatan posyandu.

"Harapan kami, dengan adanya sinergi antara puskesmas, Pertamina, dan DT Peduli, para kader di Kelurahan Kuin Cerucuk bisa menjadi panutan di Banjarmasin dalam hal teknis,” jelas Indreswati.

Salah seorang kader, Umi, juga berharap mendapat bimbingan dan arahan yang berkala. Ia juga berharap bisa didampingi petugas kesehatan saat melaksanakan posyandu dan diberikan pelatihan.

“Harapannya dapat meningkatkan keterampilan kader dalam memberikan pelayanan kesehatan yang rutin dilaksanakan setiap bulannya, terutama kader baru,”kata Umi. (IND/Astri)