Relawan Tangguh DT Peduli Aceh Galang Donasi untuk Pengungsi Rohingya

Sejumlah 99 pengungsi etnis Rohingya yang terdampar di perairan Aceh Utara diselamatkan nelayan di Desa Lancok, Lhokseumawe beberapa waktu lalu. Para pengungsi tersebut diselamatkan oleh warga setempat dengan alasan kemanusiaan.

Menanggapi hal tersebut, Daarut Tauhiid (DT) Peduli Aceh ikut turun tangan mendatangi lokasi pengungsian. Tidak hanya itu, relawan tangguh DT Peduli Aceh juga turut ambil andil dalam membantu dengan cara menggalang donasi untuk para pengungsi.

Salah seorang relawan tangguh yang turun dalam aksi ini, Rizki mengatakan, aksi galang donasi ini merupakan salah satu kontribusi yang dapat ia lakukan sebagai seorang manusia.

“Jika belum bisa membantu banyak hal, maka sudah sepantasnya kita melakukan hal-hal kecil yang bisa sedikit membahagiakan mereka. Selain karena alasan kemanusiaan, membantu sesama muslim juga dapat menjadi alasan kuat mengapa mereka harus ditolong,” ujar Rizki pada Jumat (3/7).

Rizki juga menambahkan, para relawan tangguh snagat antusias dalam aksi ini. Semangat mereka dalam membantu terlihat jelas dari ketulusan mereka yang rela berpanas-panasan di bawah terik matahari demi membantu saudara seiman. 

Sementara itu, Kabag Fundraising DT Peduli Aceh, Andrei Al-Qudri mengatakan, aksi galang donasi kali ini akan diadakan di beberapa titik, yaitu di ruas-ruas jalan dan di lampu merah yang ramai dilewati pengguna jalan. Untuk waktunya sendiri, diadakan dalam dua waktu yaitu setelah salat Jum’at dan setelah salat ashar.

“Donasi yang terkumpul akan didistribusikan langsung oleh tim program dt Peduli Aceh ke lokasi pengungsian yang rencananya akan disalurkan pada hari Minggu mendatang, jelasnya. (Lizayana M. Zain/Astri)