Mengapa Suara Hujan Berikan Efek Menenangkan

Bagi beberapa orang, hujan dianggap dapat memberikan rasa tenang. Ya, sebenarnya hujan memang dapat memberikan efek menenangkan. 

Hanya dengan mendengarkan rintik-rintik hujan, orang yang mengalami depresi ringan akan lebih tenang. 

"Hujan memiliki pola yang mudah diprediksi. Otak kita akan memprosesnya sebagai suara yang tidak mengancam dan efeknya membuat tenang," kata Emily Mendez, seorang psikolog.

Itulah mengapa suara hujan sering dijadikan alat untuk meditasi dan rileksasi. Bahkan sebuah perusahaan mengeluarkan inovasi terapi tidur dengan rekaman suara bernada tinggi dan rendah seperti suara air turun.

Bagi mereka yang menderita insomnia, banyak pakar juga menyarankan untuk mendengar suara rintik hujan sambil berbaring di tempat tidur.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa suara hujan dapat meningkatkan kualitas tidur dengan mengurangi kompleksitas gelombang otak.

Hujan juga dapat memberi emosi positif karena indra penciuman berinteraksi dengan memori. Bagi mereka yang menyukai hujan biasanya memiliki perasaan yang positif dengan masa lalunya.

Suara rintik hujan juga memiliki ritme dan efek yang sama dengan white noise, suara "brisik" yang dapat membuat pikiran menjadi lebih netral. Dengan suara-suara dan ritme yang muncul, tanpa kita sadari otak menjadi hanya terfokus pada suara rintik hujan tersebut. Suara lain pun akan teralihkan.

 

Sumber: http://nationalgeographic.grid.id

Foto: ww.radionz.co.nz