Usaha Tani Mandiri, Usaha Baru Para Ibu

Kelompok Usaha Tani Mandiri (UTM) merupakan kelompok tani yang berada di bawah binaan DT Peduli Kuningan, khususnya di bidang Wirausaha. Kelompok tani yang terletak di Desa Karangmangu Kec. Kramatmulya, Kuningan ini bergerak di bidang pertanian Hydroponic.

 

Ada empat belas orang yang bergabung dalam Usaha Tani Mandiri. Rata-rata, anggotanya adalah para ibu rumah tangga. Tak perlu menunggu waktu lama, hasil program yang baru berjalan sekitar dua bulanan ini sudah dapat dirasakan. Ini karena tanaman hydroponic yang ditanam sudah siap dipanen dan dipasarkan.

 

“Sayuran hydroponic ini akan dipasarkan ke Supermarket, toko swalayan, juga dijual secara online,” ujar Lilis, Pengurus Bidang Program DT Peduli Kuningan, pada Rabu (5/12).

 

Lilis juga menuturkan, program ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat agar bisa berwirausaha dan para ibu rumah tangga mempunyai usaha sampingan untuk membantu perekonomian keluarganya. Lilis berharap, Usaha Tani Mandiri ini akan terus berkembang dan menjadi daya tarik bagi para pemuda agar tidak merantau ke luar kota karena wirausaha hydroponic juga sangat menjanjikan.

 

Para ibu kelompok hijau berbunga sangat terbantu dengan program ini. Para ibu ini mengaku senang karena setelah mengikuti program ini, mereka memiliki penghasilan tambahan dan membentu susami mereka.

 

"Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada DT Peduli yang sudah membantu. Insya Allah dengan adanya usaha tanaman hydroponic akan sangat membantu kami selaku mempunyai penghasilan,” katanya. (klise/Rie)