Tips Puasa Bagi Ibu Hamil

Ramadhan bukan penghalang bagi seorang wanita untuk menjalankan ibadah puasa. Meski tidak diwajibkan, namun seorang wanita masih bisa menunaikan ibadah puasa walau dalam kondisi hamil. Agar berjalan lancar, berikut panduannya.

Saat sahur, pastikan makan makanan yang mengandung protein dan lemak (seperti daging) dengan kadar yang cukup. Kedua zat makanan ini mampu bertahan dalam pencernaan lebih lama sehingga mencehah rasa lapar hingga waktu berbuka.

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan seng (zinc) untuk menghindari anemia dan menjaga vitalitas tubuh.

Banyak minum air putih hingga waktu imsak tiba. Tambahkan segelas susu hangat dalam menu sahur Anda. Mengonsumsi susu mampu menjauhkan Anda dari anemia juga baik untuk kesehatan janin.

Jangan lupa, hindari konsumsi gula saat sahur karena hanya akan membuat badan lemas.

Saat berbuka, konsumsi minuman manus dan hangat untuk meningkatkan kadar gula darah. Awas, jangan berlebihan ya. Hindari juga mengonsumsi minuman dingin karena hanya akan mengganggu kinerja lambung.

Konsumsi karbohidrat simpleks (cepat diserap tubuh). Karbohidrat simpleks terdapat di kurma dan kolak. Namun, bagi ibu yang mempunyai asam lambung tinggi hindari konsumsi kolak karena kandungan santannya memicu isi lambung naik ke tenggorokkan.

Makanlah usai shalat maghrib dan setelah shalat tarawih. Jangan lupa, tambahkan segelas susu hangat menjelang tidur.

Lakukanlah dengan ikhlas agar dijalani dengan santai. Istirahat yang cukup dan kurangi aktvitas berat. Jauhkan diri dari stress dan kesal.

Selamat menjalankan ibadah puasa…

 

 

Sumber: id.theasianparent.com

Foto: lagizi.com