Sebulan Menuju Idul Adha, DT Peduli Yogyakarta Siapkan Hewan Kurban Terbaik

Kurban menghadirkan makna spesial bagi umat Islam di seluruh dunia, apalagi Idul Adha kali ini berlangsung di tengah pandemi Covid-19. Program Qurban Peduli Negeri (QPN) Daarut Tauhiid (DT) 1441 H hadir membawa misi mewujudkan ketahanan pangan di masa pandemi.

Tim DT Peduli Yogyakarta ikut berupaya mengambil peran untuk membantu mewujudkan kurban terbaik tahun ini. Sejak awal Juni, tim mulai mencari vendor penyedia hewan kurban untuk memenuhi kebutuhan kurban di Yogyakarta.

Selain menggandeng mitra-mitra di Kabupaten Bantul dan Sleman, tim juga memantau secara khusus kesiapan ternak binaan kelompok Peternak Tangguh di Kabupaten Gunungkidul.

Ada 52 ekor kambing Jawa dan 14 ekor sapi jenis limosin dengan berat bervariasi siap memenuhi permintaan kurban. Kelompok peternak tangguh binaan DT Peduli ini berlokasi di Dusun Jerukken, Desa Umbulharjo Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunungkidul. Kelompok ini sudah aktif sejak bulan Juli 2018 dengan fokus pemeliharaan hewan kurban setiap tahunnya.

Pada Sabtu (27/ 6) dilaksanakan penimbangan hewan ternak. Ketua Kelompok Peternak Tangguh, Supri yang hadir dalam kesempatan tersebut mengungkapkan harapannya terkait kurban tahun ini.

"Semoga hewannya laku terjual karena harga pasar saat ini masih belum stabil. Selama ini peternak merawat ternak sampai jadi gemuk. Tentu harapannya ya bisa laku dengan harga jual tinggi,” harap Supri. (Azka/Astri)