Saba Desa Saba Riksa DT Peduli Digelar di Perkotaan

Sabtu (25/1), Daarut Tauhiid (DT) Peduli Bandung kembali mengadakan layanan kesehatan gratis. Jika biasanya layanan kesehatan gratis digelar di pedesan, kali ini program Saba Desa Saba Riksa digelar di perkotaan.

 

Bertempat di jalan Sukamulya RT.01 RW.09, Kelurahan Sukaasih, Kecamatan Bojong Loa Kaler, waga tampak antusias mengikuti program ini. Meski di perkotaan, animo masyarakat masih sangat tinggi. Tercatat, sejumlah 162 pasien mengikuti program ini.

 

“Tahun 2020 ini pelayanan kesehatan DT Peduli hadir di tengah masyarakat perkotaan. Sangat di luar dugaan kita semua ternyata masyarakat perkotaan pun sangat antusias,” ujar Koordinator Relawan DT Peduli Bandung, Saprudin.

 

Sementara itu, dokter relawan DT Peduli Bandung, Nur Laili Irianti Dewi mengatakan, penyakit yang mendominasi pasien saat ini adalah stroke ringan, hipertensi, diabetes, rematik, asam urat, dan vertigo.

 

Dokter yang akrab disapa dr. Ririn ini meyampaikan, pola hidup yabg tidak baik menjadi salah satu penyebab timbulnya berbagai penyakit.

 

“Kondisi kesehatan masyarakat perkotaan cukup rentan dan beresiko tinggi akibat pola hidup dan pola makan yang kurang baik,” katanya.

 

Dibantu tiga dokter relawan, layanan kesehatan kali ini berlangsung lancar. Selain layanan kesehatan, DT Peduli Bandung juga memfasilitasi warga untuk bekam, cek kolesterol, gula darah, dan asam urat gratis. (Didin)