Terimakasih, Qurban tahun 2021 Telah Ditutup

Kami ucapkan terimakasih banyak kepada para muqorib/mudhohi yang telah berpartisipasi dalam program Qurban Peduli Negri DT Peduli 2021

QURBAN PEDULI NEGERI
Alhamdulillah, sebanyak 12.340 muqorib telah berqurban melalui DT Peduli ditahun 2021

Domba
  • 5.654 Ekor
Sapi
  • 751 Ekor
Unta
  • 96 Ekor
Jazakumullah khairan katsiran, semoga Allah berikan pahala yang berlimpah dan penuh keberkahan bagi para muqorib serta keluarganya.

Lihat Laporan Qurban

Laporan Qurban Peduli Negeri

Silahkan isi Nama muqorib / No HP / Email untuk melihat laporan Qurban



Loading...
13.720

Jumlah Muqorib / Pekurban 2020

Kilas Program Qurban Peduli Negeri

Alhamdulillah tahun ini DT Peduli kembali menyelenggarakan program qurban peduli negeri seperti halnya tahun lalu, dengan daerah distribusi yang semakin luas hingga pelosok Indonesia Timur. Muslim minoritas Pulau Alor Nusa Tenggara Timur, dengan perjalanan, udara, darat & laut menjadi salah satu bukti perjuangan tim distribusi dalam menyampaikan amanah para muqorib. Selain daerah lainnya seperti Pedalaman Sulawesi, hingga Papua.

  • Memberdayakan peternak kecil.
  • Distribusi merata hingga pelosok negeri.
  • Memiliki nilai Dakwah & Edukasi.
  • Pengelolaan hewan qurban dengan syar’i, baik & benar.

Testimonial

Testimonial penerima manfaat dan muqorib yang berqurban di DT Peduli.

ANJURAN BERQURBAN

Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa yang memiliki kelapangan (harta) kemudian dia tidak melakukan penyembelihan (ibadah qurban) maka janganlah ia mendekati tempat salat kami.” (HR. Ahmad & Ibnu Majah).

Ibadah qurban merupakan ibadah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan (sunnah muakkadah), terutama mereka yang memiliki kelapangan harta sebagai menifestasi dari ketauhidan dan ketaatan seorang hamba kepada Rabbnya, serta sebagai perwujudan kepedulian sosial kepada sesama.

Gallery

Dokumentasi Qurban Peduli Negeri

Qurban

Qurban

Qurban

Qurban

Qurban

Qurban

Qurban

Qurban

Qurban

Frequently Asked Questions

Pertanyaan seputar ibadah Qurban

  • Bolehkah Berqurban untuk Keluarga atau Orang Tua ?

    Niat berqurban untuk satu keluarga dibolehkan dalam Islam. Pahalanya pun sampai ke semua anggota keluarga bahkan yang sudah meninggal.

    “Pada masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam seseorang (suami) menyembelih seekor kambing sebagai qurban bagi dirinya dan keluarganya.” (HR. Tirmidzi)

  • Sebenarnya dua ibadah ini berbeda. Aqiqah berhubungan dengan kelahiran, sedangkan qurban berkaitan dengan kemampuan harta saat dilaksanakannya ibadah qurban.

    Bagi mereka yang belum aqiqah namun saat hari raya qurban memiliki kelebihan harta, maka bagi yang demikian dianjurkan untuk melaksanakan ibadah qurban.

  • Pada dasarnya hukum arisan awalnya adalah mubah atau boleh. Sebagaimana kaidah dasar dalam muamalah menyatakan bahwa asal dalam transaksi atau muamalah adalah diperbolehkan selama tidak ada dalil yang mengharamkannya.

    Arisan qurban hukumnya bisa menjadi haram jika yang menang harus menerima hewan qurban, karena adanya ketidakpastian harga hewan qurban, sehingga menyebabkan adanya perubahan uang yang harus disetor oleh para anggota.

    Oleh karena itu, agar tetap halal, maka akadnya bukan arisan qurban tapi arisan uang sebagaimana biasa, tapi uang tersebut dipergunakan untuk beli hewan qurban. Kekurangan yang ada menjadi tanggung jawab mereka yang akan berkurban. Dan itu harus disepakati di awal.

  • Saat ini banyak lembaga yang menawarkan hewan qurban melalui online sedangkan pembayarannya dilakukan melalui transfer. Tidak ada tatap muka dalam pembelian hewan qurban tersebut. Berbeda dengan satu dekade ke belakang dimana transaksi jual beli hewan qurban dilakukan secara tatap muka. Apakah perubahan cara tersebut dapat mengurangi keabsahan qurban?

    Laznas Dewan Syariah DT Peduli, Ustadz Ali Nurdin., Lc, MEI mengatakan akad pembelian hewan kurban via online termasuk akad salam.

    “Selama syarat dan rukunnya terpenuhi maka akad tersebut diperbolehkan. Dalam akad salam, uang diserahkan dimuka semuanya. Tidak boleh dicicil. Harus jelas kualitas dan kuantitas barang serta waktu penyerahannya,” jelas Ustadz Ali.

    Akad salam diperbolehkan dalam Islam. Hal ini berdasar pada surat Al-Baqarah: 282, “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bermu’amalah tidak secara tunai untuk waktu yang telah ditentukan, hendaklah kamu menulisnya”

    Ini juga dipertegas oleh kisah sahabat Abdullâh bin Abbâs Radhiyallahu anhu menjadikan ayat ini sebagai landasan membolehkan jual beli sistem pesan ini. Beliau Radhiyallahu anhu mengatakan, “Saya bersaksi bahwa jual-beli as-salaf (as-salam) yang terjamin hingga tempo tertentu telah dihalalkan dan diizinkan oleh Allah Azza wa Jalla dalam al-Qur’an.

  • Bagi orang yang berniat melaksanakan ibadah qurban disunnahkan tidak mencukur rambut dan memotong kukunya, dimulai tanggal 1 Dzulhijjah hingga pelaksanaan ibadah qurban. Namun bagi yang berniat qurbannya setelah tanggal 1 dzulhijah, maka ia dianjurkan untuk tidak melakukan hal tersebut dari awal berniat.

    Sabda Rasulullah saw :
    Apabila kalian melihat hilal Dzul Hijjah dan salah seorang di antara kalian bermaksud untuk berkurban, maka hendaklah ia menahan (tidak mencukur atau memotong) rambut dan kukunya.” (HR Muslim dari Ummu Salamah)

  • Salah satu syarat qurban adalah adanya hewan qurban. Dalam pelaksanaannya, hewan yang diqurbankan harus dari bahimatul an’am. Bahimatul an’am adalah nama untuk tiga jenis hewan ternak, yaitu: unta, sapi atau kambing. Pilihan Hewan qurban lebih diutamakan hewan jantan daripada betina.

    Usia hewan qurban harus sudah dewasa, biasanya ditandai dengan sudah ganti gigi. Ada pun rincian usia hewannya adalah unta 5 tahun, Sapi 2 tahun, Kambing Jawa atau domba 1 tahun.

  • Keunggulan program Qurban Peduli Negeri DT Peduli adalah :

    1. Memberdayakan para peternak kecil yang tersebar diberbagai pelosok daerah melalui diantaranya program Desa Ternak Mandiri (DTM) DT Peduli.

    2. Distribusi merata hingga pelosok negeri, distribusi hewan qurban muqorib tidak menumpuk di perkotaan yang notabene sudah sangat berkecukupan, bahkan kelebihan daging hewan. Pelosok negeri tersebut meliputi pedalaman Sumatera seperti suku anak dalam, pedalaman kepulaian riau, Kalimantan, pedalaman di pulau jawa seperti Gunung Kidul, Banten, hingga Indonesia Timur Sulawesi, Nusa Tenggara hingga Papua, secara keseluruhan terdapat 16 Provinsi, 96 Kabupaten yang tersebar di pelosok negeri.

    3.Memiliki nilai Dakwah & Edukasi, yang mana melalui program qurban kita ingin masuk ke daerah-daerah rawan aqidah(muslim minoritas), rawan kemiskinan, pendidikan rendah, pendidikan tertinggal yang selama ini sulit masuknya program, menjadi salah satu ikhtiar untuk bisa masuk kedalamnya, serta mengandung nilai edukasi bahwa pengelolaan qurban dilakukan bersana-sama dengan masyarakat sehingga mereka mendapat pengalaman/edukasi bagaimana pengelolaan hewan qurban yang syar’i, baik & benar.

  • Boleh, tapi niatkan patungan itu sedekah. Nanti hasil patungan tersebut disedekahkan kepada seseorang di sekolah itu misal petugas kebersihan atau security agar mereka bisa berqurban. Qurbannya sebaiknya tetap dilaksanakan di sekolah, disembelih bersama murid-murid. Jadi bahan pembelajaran ibadah Qurban dan Sedekah.

    Tapi jika tidak diatasnamakan seseorang, maka hewan yang dibeli dari uang patungan tersebut tidak bisa disebut qurban. Ia hanya sembelihan biasa dan dianggap sedekah biasa saja.

  • Hukum melaksanakn ibadah qurban ketika dinazarkan adalah wajib. Ada 2 kondisi qurban jadi wajib, Pertama, karena bernazar, misal saya tahun ini saya mau berqurban karena anak saya lulus kuliah tahun ini. Itu jadi wajib qurbannya dan harus ditunaikan. Kedua, kalau sudah ditentukan secara pasti hewannya (at-Ta’yin). Misalkan kita punya beberapa ekor kambing di kandang, lalu kita berkata : “nah kambing yang ini kita untuk qurban tahun sekarang”. Maka qurbannya menjadi wajib bagi dirinya.

  • Kalau disembelih sebelum sholat ied itu dianggap sedekah biasa bukan qurban lagi. Apakah itu amal sholeh? Tetap amal sholeh, namun nilainya saja yg berbeda dan tetap mendapat pahala Qurban.

  • Berqurban untuk orang yg meninggal itu ada 3. Pertama jika orang yg meninggal berwasiat untuk melaksanakan qurban, maka ahli waris wajib melaksanakan qurban dari warisan. Kedua tidak wasiat namun kita tahu orang tua sudah menabung qurban, maka ahli waris bisa melanjutkan tabungan qurbannya dan melaksanakan qurban atas nama orang yg sudah meninggal tersebut. Ketiga jika tanpa wasiat ataupun tanpa niat dari orang yang meninggal, maka tidak dicontohkan.

    Hanya saja jika seorang anak berqurban, orang tuanya akan tetap mendapatkan pahala qurban.

    Oleh karena itu, qurban atas nama yang hidup saja, untuk yang telah meninggal sebaiknya wakaf saja agar bagi yang meninggal dunia agar menjadi amal jariah.

  • Hutang itu ada 2, pertama hutang yang ada kemampuan bayarnya ada, berhutang karena belum punya cash. Itu tidak jadi masalah. insyaAllah itu menjadi kebaikan. Tapi kalau bagi yang mereka tidak mempunyai kemampuan bayar, itu tidak ada kewajiban. Karena Allah tidak akan membebani kepada Hamba-Nya kecuali sesuai kemampuan Hamba-Nya.

  • Tidak harus matang ataupun mentah, tergantung kondisinya. Misalkan di daerah bencana, bisa dimasak terlebih dahulu, seperti yang dilakukan oleh DT Peduli di daerah bencana. Namun diusahakan untuk tetap dilakukan penyembelihannya di lokasi sebagai syiar dakwah.

  • Kalimat larangan tersebut bukan bermakna haram, itu berupa penyempurnaan ibadah saja. Kalau misalkan kita berniat Qurban di tanggal 5 berarti tidak memotong kukunya dimulai dari tanggal 5 tersebut. Jika misalkan karena suatu hal darurat, tidak ada larangan untuk memotong kuku dan rambut.

  • Panitia sebaiknya tidak menjual bagian dari hewan Qurban. Karena dengan menjualnya, berarti tidak semua bagian hewan Qurban tersebut dibagikan oleh panitia. Panitia sebaiknya mendapatkan operasional tersendiri dari Mudhohi untuk memudahkan proses penyembelihan hewan qurban. Tapi kalau yang menjual itu adalah orang yang mendapatkan daging atau kulit, maka diperbolehkan.

  • Boleh diberikan kepada Non Muslim, sebagai wujud silaturahmi antar tetangga / masyarakat.

Selesaikan Pesanan