Pertamina Integrated Terminal Banjarmasin Serahkan Bantuan Perlengkapan Posyandu

BANJARMASIN— Pertamina  melalui Integrated Terminal Banjarmasin bekerja sama dengan DT Peduli Kalimantan Selatan meluncurkan program Klinik Gizi Sehati. Program ini menggandeng posyandu-posyandu di Banjarmasin untuk membantu melayani kebutuhan ibu hamil dan balita.

Kamis (30/9), Integrated Terminal Manager Banjarmasin, F. Moris Wungubelen menyerahkan  bantuan perlengkapan Posyandu. Timbangan, alat pengukur tinggi, dan alat cuci tangan secara simbolis diserahkan kepada kader 14 posyandu Kelurahan Kuin Cerucuk di Aula Pertamina.

“Selama ini, posyandu berjalan dengan fasilitas seadanya. Banyak timbangan rusak belum bisa diganti karena dananya dialihkan untuk penanganan banjir dan Covid-19. Dengan adanya bantuan ini, diharapkan pelayanan posyandu lebih maksimal dan bisa berjalan sesuai dengan protokol kesehatan,” kata Sekretaris Kelurahan Kuin Krucuk, Siti Hannah.

Kepala DT Peduli Kalimantan Selatan, Indreswati, menjelaskan, posyandu balita merupakan salah satu Upaya Kesehatan Bersumber daya Masyarakat (UKBM) dengan pelayanan yang terdiri atas 5 meja. Pelayanan ini meliputi pendaftaran, penimbangan dan pengukuran tinggi badan, pencatatan, penyuluhan, dan pelayanan kesehatan.  

Saat ini, seluruh pengunjung posyandu balita diwajibkan menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak. Pemeriksan suhu tubuh serta disinfeksi area posyandu sebelum dan sesudah kegiatan pun wajib dilaksanakan.

Indreswati juga mengapresiasi para kader posyandu yang tetap melaksanakan kegiatan posyandu di tengah pandemi saat ini. 

“ Terima kasih kepada kader posyandu yang tetap melaksanakan tugasnya melalui posyandu keliling, door to door selama pandemi ini. Tetap semangat dan ikhlas , insya Allah diberikan perlindungan dan kesehatan,” katanya. (IND/Astri)