Persiapkan Rumah Potong Hewan, Koodinator Ternak Ikuti Pelatihan

Kementerian Pertanian, Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) bersama MUI mengadakan Pelatihan Juru Sembelih Halal untuk menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 H di Cinaraga, Bogor.  

 

Digelar pada Senin (20/1) hingga Kamis (23/1), pelatihan ini diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Salah pesertanya adalah Koordinator Desa Tangguh binaan Daarut Tauhiid (DT) Peduli Garut, Sandi Susandi.

 

Didukung Dinas Pertanian dan Peternakan (DISKANNAK) Kabupaten Garut, DT Peduli Garut menyambut baik program pelatihan ini, terlebih ada rencana pembangunan Rumah Potong Hewan (RPH) di Desa Tangguh.

 

Sandi menuturkan, pelatihan ini sangat penting karena keberadaan juru sembelih yang benar-benar ahli sudah mulai jarang, apalagi ternak domba binaan DT Peduli Garut yang setiap tahunnya sangat banyak.

 

“Tentunya membutuhkan banyak tenanga ahli juru sembelih yang profesional dan sesuai syariat. Harapannya bisa mempunyai juru sembelih yang profesional dan tersertifikasi,” kata Sandi.

 

Selain menjadi juru sembelih profesional, Sandi menambahkan, ada tiga hal yang ingin diketahui dan membuatnya semangat mengikuti pelatihan.

 

"Ingin mengetahui syariat Islam tentang aturan penyembelihan, pentingnya kebersihan dalam penyembelihan hewan, dan kesejahteraan hewan sebelum disembelih," tambahnya. (AR)