Konsultasi Muslimah: Pengaruh Perceraian Terhadap Anak

Apa pengaruhnya terhadap anak apabila orangtua bercerai, dan bagaimana sikap orangtua memperlakukan anak setelah berpisah?

Hamba Allah

 

Perceraian pastinya peristiwa yang tidak pernah diinginkan oleh siapa pun pasangan yang ada di dunia ini. Namun, adakalanya perceraian menjadi jalan keluar yang terbaik dari permasalahan yang dihadapi oleh pasangan keluarga, suami-istri.

 

Permasalahan timbul kemudian adalah imbas dari perceraian tersebut terhadap anak-anaknya.  Sebaik dan selancar apa pun sebuah perceraian, pasti akan ada dampak pada sikap kejiwaan anak. Saat orang tuanya bercerai, umumnya anak akan bersedih, mengalami kecemasan, marah, terkejut dan ketidakpercayaan. Namun, sikap negatif ini biasanya akan berkurang bahkan menghilang sejalan waktu berlalu. Hanya sebagian kecil yang masih merasakannya, tergantung pada kepribadian anak tersebut. Intinya perceraian orangtua dapat membuat semua anak stres, yang membedakan adalah beberapa anak lebih cepat pulih dari anak yang lain.

 

Hasil penelitian, dampak perceraian pada anak tidak bisa disamaratakan. Tergantung usia anak pada saat perceraian terjadi, dan bagaimana perlakuan orangtua serta orang-orang sekitar terhadapnya, terutama keluarga besar.

 

Peran orangtua pascaperceraian harus semakin dekat dengan anak, dan berusaha untuk menjelaskan kepadanya apa yang telah terjadi. Memastikan bahwa anak tetap disayang oleh mereka, karena perasaan khawatir dan ketidakjelasan kasih sayang orangtua yang akan didapat, menjadi ancaman yang dirasa anak saat tahu orangtuanya bercerai.

 

Selain itu yang utama sekali adalah menghapuskan dari sangkaan anak, bahwa dirinya yang menjadi penyebab berpisahnya orangtua.  Ini yang bisa mengikis kepercayaan dirinya di sepanjang usia anak. Orangtua pun tidak saling menyalahkan dan menjelekkan satu sama lain kepada anaknya. Tetap bangun rasa hormat anak terhadap kedua orangtuanya.

 

Pada akhirnya yang lebih utama adalah orangtua harus memberi pengertian dan pemahaman bahwa semua kejadian itu tak terlepas dari takdir Allah yang harus disikapi dengan benar.  Pahamkan dan dekatkan anak pada agama dan Penciptanya. Wallahu alam. []

 

Sumber: Majalah Swadaya Edisi Juli 2019