DT Peduli Gelar Layanan Kesehatan Gratis di Lokasi Banjir

Hujan deras yang mengguyur sejak Jumat (24/1) mengakibatkan sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung terendam banjir.  Salah satu wilayah terdampak adalah Kp. Citeureup, Ds. Dayeuhkolot, Kec. Dayeuhkolot, Kab. Bandung.

 

Banjir dengan ketinggian bervariasi ini membuat ratusan rumah terendam banjir dengan ketinggian 1-2 meter. Selain mengungsi ke tempat yang disediakan, warga juga mengungsi ke rumah tetangga berlantai 2.

 

Senin (27/1), Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Daarut Tauhiid (DT) Peduli mengadakan layanan kesehatan gratis untuk warga terdampak banjir. Bertempat di RW 02, Desa Citeureup, Kec. Dayeuhkolot, layanan kesehatan gratis kali ini diikuti 186 warga Desa Citeureup.

 

Untuk memudahkan warga menjangkau lokasi, warga dijemput dan diantar ke rumah atau pengungsian masing-masing dengan menggunakan perahu. Selain di tempat yang disediakan, tim kesehatan juga menyisir rumah-rumah warga dengan menggunakan perahu.

 

Salah seorang warga Citeureup, Euis (62) mengaku sangat terbantu dengan kehadiran layanan kesehatan gratis ini. Kebanjiran selama 4 hari membuat badannya sakit-sakit, pusing, dan gatal-gatal. Saat ini, Euis mengungsi di lantai dua kantor RW 02 Citeureup.

 

Di bumi ibu mah caina tos anpir dugi ka suhunan. Alhamdulillah tadi atos diparios, nyareri awak, biasanamah jarang berobat teh. Mudah-mudahan sing enggal damang. Hatur nuhun pisan ka DT Peduli, (di rumah ibu airnya sadah hampir sampai atap. Alhamdulillah tadi sudah diperiksa, sakit badan. Biasanya jarang berobat. Mudah-mudah cepat sembuh. Terima kasih banyak kepada DT Peduli), “ ujar Euis.

 

Warga tampak sangat antusias mengikuti layanan kesehatan gratis ini. Selain gatal-gatal, adapun penyakit yang banyak dikeluhkan warga saat ini adalah gatal-gatal, batuk, flu, dan diare. (Rie)