DT Peduli Garut Cegah Penyebaran Covid-19 di Desa Tangguh

World Health Organization (WHO) telah menjadikan status Virus Corona atau COVID-19 sebagai pandemi karena telah menulari lebih dari 122 negara.

 

Sayangnya, hal tersebut sepertinya tidak begitu dipedulikan masyarakat di pedesaan, bahkan banyak yang menganggap itu hal biasa dan tidak membahayakan.

 

Mengetahui hal itu, Daarut Tauhiid (DT) Peduli Garut merasa perlu untuk memberikan edukasi dan sosialisasi terhadap masyarakat terkait fenomena yang terjadi dan bahaya penyebaran virus Corona.

 

Jumat (20/3), DT Peduli Garut melaksanakan kegiatan Ayo Cintai Masjid (ACM) dan pemasangan poster-poster tentang bahaya Covid-19 di lingkungan Desa Tangguh Pasirwangi.

 

Selain membersihkan masjid, dilakukan pula penyemprotan cairan disinfektan sebagai upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Desa Tangguh Pasirwangi Binaan DT Peduli Garut. Kegiatan tersebut dipimpin langsung Kepala Unit dan Kabag Program DT Peduli Garut.

 

Kabag Program DT Peduli Garut, Dehari Teguh Aji mengatakan, penyemprotan disinfektan ini bertujuan mengurangi bahaya mikroorganisme, khusunya di Masjid Jami Al-Barokah yang menjadi salah satu tempat berkumpulnya banyak orang.

 

Adapun objek pembersihan ini meliputi karpet, kaca, lantai, lemari Al-Qur'an, ruangan luar maupun dalam masjid, toilet, dan tempat wudu.

 

“Tindak lanjut dari kegiatan ini nanti akan diikuti dan dilaksanakan di beberapa masjid lainnya oleh relawan yang ada di Desa Tangguh ini,” jelas Dehari.

 

Kegiatan ini melibatkan beberapa unsur, yakni tim program DT Peduli Garut, relawan, dan koordinator Desa Tangguh Pasirwangi.

 

Ketua DKM Al-Barokah, Ustaz Asep Suparman, menyambut baik program ini. Ia juga berharap program ini bisa dicontoh warga lainnya.

 

“Atas nama Masyarakat di Kp. Cimanglid, kami mengucapkan terima kasih kepada DT Peduli Garut yang melaksanakan kegiatan bersih-bersih di masjid ini. Semoga menjadi pelajaran bagi warga kami tentang pentingnya kebersihan terutama pada masa merebaknya virus Corona ini,” ujarnya.

 

Penulis: Ade R

Editor: Astri