Pembangunan Rampung, Warga Somalia Manfaatkan Water Well DT Peduli

Rona kebahagiaan terpancar jelas di wajah warga Kota Mogadishu, Distrik Godballey, Somalia. Setelah penantian panjang, akhirnya mereka bisa menikmati air bersih tanpa harus mengungsi atau mencari ke daerah lain. Setelah peletakan pertama pertama pertengahan Agustus lalu, water well atau sumur air yang dibangun Daarut Tauhiid (DT) Peduli kini sudah bisa dimanfaatkan.

Untuk menjangkau sumber air, dilakukan pengeboran sekira 250 meter. Sumur ini juga dioperasikan dengan mesin diesel dan airnya ditampung di tangki berkapasitas 5000 liter yang dilengkapi dengan kran-kran penyaluran. Selain dapat diambil siapa pun yang membutuhkan, air juga disalurkan ke rumah penduduk dan perkebunan. Setiap harinya, sekira 110 hingga 300 kepala keluarga menerima manfaat program ini.

Direktur Utama DT Peduli, Herman mengatakan, program pembangunan water well merupakan salah satu program sosial kemanusiaan DT Peduli. Tak hanya menjangkau dalam negeri, program ini juga menjangkau beberapa negara lainnya, salah satunya adalah Somalia.  

Dikatakan Herman, hingga saat ini warga Somalia masih membutuhkan uluran tangan dari negara lain. Selain konflik internal, kemarau panjang kian menambah penderitaan warga Somalia. Kelaparan di mana-mana, ternak mati, pertanian gagal, dan air sudah menjadi barang langka.

“Setelah mengirimkan relawan dan mendata kebutuhan warga Somalia, ternyata mereka membutuhkan air. Mereka sangat sulit mendapatkan air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka,” ujar Herman, Senin (21/10).

Selain water well tambahan, kata Herman, bahan pangan dan pakaian pun masih sangat dibutuhkan warga Somalia. Sayangnya, karena terkendala dana, DT Peduli baru bisa membangun satu water well di Distrik Godballey. Karenanya, DT Peduli akan terus berupaya memfasilitasi para donatur untuk meringankan beban warga Somalia.

Pada kesempatan ini, Herman juga mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang mempercayakan infak dan sedekahnya melalui DT Peduli. Herman berharap, water well yang dibangun ini menjadi jalan kebaikan warga Somalia dan para donatur.

“Kami atas nama lembaga yang diberikan amanah mengucapkan jazakumullahu khairan katsira kepada seluruh donatur. Mari kita terus berbuat kebaikan dan manfaatnya dapat dirasakan kita semua,” ujar Herman. (Rie)

 

Lihat Program Lainnya

WA 1

WA 2