Selamatkan Muslim Rohingya
Terhimpun

Rp. 438,787,525
31

Selamatkan Muslim Rohingya

Banjir menimpa madrasah DT Peduli  di Camp Rohingya di Bangladesh menewaskan 1 orang santri.

(28 Juli 2021)

Telah terjadi Banjir di Camp Pengungsian di Bangladesh. Setidaknya 6 pengungsi Rohingya tewas oleh tanah longsor atau tenggelam dalam banjir setelah hujan menggenangi kamp-kamp pengungsi di Bangladesh selama beberapa hari terakhir, salah satu dari mereka adalah santri madrasah DT Peduli.

Air setinggi lutut mengalir melalui kamp-kamp, ​​menghancurkan tempat penampungan rapuh yang terbuat dari bambu dan terpal dan membuat sedikitnya 5.000 orang kehilangan tempat tinggal, menurut badan pengungsi PBB (UNHCR).  Tiga anak tewas, termasuk dua ketika tempat perlindungan mereka runtuh, Pandemi telah membatasi akses ke kamp-kamp dan penyaluran bantuan juga terhambat oleh penurunan donasi yang terjadi hingga kini.

Banjir telah mempengaruhi sebagian besar kamp pengungsi Kutupalong , yang telah ada sejak awal 1990-an tetapi diperluas di medan yang tidak rata dan rawan longsor pada tahun 2017, kini kamp itu menjadi kamp pengungsi terbesar di dunia bagi 700.000 orang Rohingya yang melarikan diri dari pembantaian militer di Myanmar.

----------------------------------------------------------------------------------

Bantuan Pangan Diterima Langsung Muslim Rohingya

Myanmar (30/11), Wilayah Rakhine yang masih diisolasi dan dijaga ketat oleh militer Myanmar mengakibatkan belum banyak NGO yang berhasil masuk ke daerah konflik ini.  Namun, walau sempat tertahan beberapa hari di ibu kota Myanmar, akhirnya Rabu (30/11), dengan pertolongan Allah SWT, relawan DT Peduli berhasil menembus masuk ke wilayah Rakhine.

"Kami langsung menyalurkan bantuan pangan dari masyarakat Indonesia dan diterima langsung oleh kaum muslim Rohingya," ucap Sa'id Anshar, relawan DT Peduli.

Ia melanjutkan, bantuan pangan ini merupakan tahap pertama, selanjutnya akan dikirim secara bertahap dalam beberapa hari kedepan. 

Kebutuhan yang perlu disediakan dalam waktu dekat ini bagi warga muslim Rohingya seperti, susu, popok dan pakaian bayi. Selain itu para muslimah sangat membutuhkan busana syar’i dan pembalut wanita. 

Dan akibat rumah mereka dibakar sehingga memaksa mereka harus meninggalkan rumah tanpa sempat membawa harta bendanya. Harta yang mereka miliki saat ini hanya yang menempel di badan saja, maka pakaian, alas kaki dan selimut juga sangat dibutuhkan agar mereka tidak kedinginan.

“Jangan remehkan sekecil apapun bantuan yang telah kita berikan kepada muslim Rohingya, sebab amal itu kelak akan menolong saat kita berdiri di hadapan Allah pada yaumil hisab," tutup Sa'id Anshar. [kaf]


 Muslim Rohingya saat ini kembali menderita akibat mendapat perlakuan tak adil dari pemerintah Myanmar. Tempat ibadah dihancurkan dan mereka diusir dari rumah-rumahnya. 

Dengan dibayangi ketakutan akan kehilangan nyawa, mereka mencoba untuk menyelamatkan diri dan mencari tempat aman, sebagian besar dari mereka adalah wanita dan anak-anak. Hingga kini, lebih dari 100 orang muslim Rohingya meregang nyawa. 

Mari selamatkan Muslim Rohingya dengan doa dan bantuan terbaik. Semoga Allah lindungi dan ringankan penderitaan mereka.

Donasi Sahabat Peduli:
Memasuki Musim Dingin, DT Peduli Salurkan Bantuan Kemanusiaan untuk Pengungsi Rohingya
January 2, 2020
DT Peduli Salurkan Bantuan untuk Anak-anak di Rohingya
May 1, 2019
DT Peduli Bantu Guru Madrasah di Rohingya
May 1, 2019
DT Peduli Salurkan Bantuan Pangan untuk Pengungsi Rohingya
April 27, 2019
Bangun Sekolah Untuk Anak-Anak Rohingya
November 15, 2018
Tebar Bingkisan Lebaran untuk Pengungsi Rohingya
August 11, 2018

WA 1

WA 2