Bantu Selamatkan Pendidikan Anak-anak di Pelosok Tasikmalaya
Terhimpun
Rp. 7,556,667
393
dari
Rp. 450,000,000

Bantu Selamatkan Pendidikan Anak-anak di Pelosok Tasikmalaya

SMP Islam Ash-Shamad merupakan sekolah baru di Kampung Sukatani, Desa Kutawaringin, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya atau akrab dikenal “Kampung Caringin”. 


Sekolah yang terletak di ujung barat Kabupaten Tasikmalaya ini berdiri karena keprihatinan atas kondisi pendidikan di kampung ini. Tak sedikit anak yang putus sekolah setelah selasai dari bangku SD. Jikapun ada anak yang mau bersekolah, mereka harus rela menempuh jarak 3 kilometer ke SMP terdekat.


Karena keterbatasan ekonomi, anak-anak pun tak jarang harus berjalan kaki ke sekolah dengan kontur wilayah perbukitan. Setelah lulus SD, anak laki-laki diarahkan untuk bekerja, sedangkan anak perempuan diarahkan untuk langsung menikah di usia yang sangat dini.


Berawal dari keprihatinan tersebut, tercetuslah ide pendirian sekolah di pelosok tersebut. Tahun 2018, secara resmi berdirilah SMP Islam As-Shamad.


Tahun 2021, sekolah belum memiliki bangunan sendiri dikarenakan keterbatasan anggaran dan tenaga. Dengan terpaksa, aktivitas belajar mengajar pun dilaksanakan di sebuah ruangan milik Madrasah Diniyyah di kampung tersebut. Adapun ruang kelas pihak sekolah harus mengontrak sebuah rumah milik warga yang saat ini sudah akan habis masa kontraknya.


Meskipun dengan kondisi sangat terbatas, Sekolah tetap berusaha untuk bangkit demi menyelamatkan generasi anak-anak di kampung ini. 


Alhamdulillah, ada dermawan yang baik hati mewakafkan tanah seluas 110 bata atau 1.540 meter untuk dibangun sekolah. Namun, pihak sekolah harus berfikir ekstra keras untuk bisa membangun kelas dan ruang sekolah lainnya di atas tanah wakaf tersebut.


Warga kampung secara bergotong royong membangun hingga berhasil membuat pondasi awal. Rencananya, akan dibangun tiga ruangan kelas dengan total anggaran keseluruhan Rp. 421,620,000.00. Jumlah ini dirasa sangat berat jika harus ditanggung warga kampung yang hanya mengandalkan penghasilan dari bertani.


Karenanya, kami mengajak bapak/ibu dan saudara-saudara untuk bersama-sama menyelamatkan pendidikan anak-anak di Kampung Caringin. Semoga bantuan yang diberikan menjadi jalan lahirnya generasi-generasi penerus bangsa yang berkualitas.

Donasi Sahabat Peduli:
DT Peduli Tasikmalaya Bantu Sekolah di Pedalaman
August 24, 2020

WA 1

WA 2