Banjir dan Longsor Terjang Cipatujah, DT Peduli mengirimkan Tim ke Lokasi

 

 

Tasikmalaya—Selasa (6/11), Banjir bandang melanda kawasan selatan Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, luapan air merendam ratusan rumah di tiga kecamatan yaitu Cipatujah, Karang Nunggal, dan Culamega.

 

Tak hanya merendam rumah warga, banjir bandang juga menggerus jembatan di Kecamatan Cipatujah. Akibatnya, akses menuju Kabupaten Garut lewat Cipatujah terputus.

 

Di Kecamatan Culamega, sejumlah warga dilaporkan hilang. Mereka berasal dari Desa Bojongsari dan Cikuya. Namun hingga kini BPBD belum bisa memastikan jumlah korban bencana tersebut.

 

Ruas jalan Cipatujah menuju, Ciheras, Pameungpeuk atau Garut Selatan, total lumpuh. Lumpuhnya arus jalan tersebut menyusul putusnya jembatan Pasanggrahan. Menurut laporan masyarakat embatan putus akibat arus air yang deras dari hulu sungai Pasanggrahan.

 

Jumlah korban tewas itu berdasarkan data dari Pemkab Tasikmalaya. Rinciannya satu tewas akibat longsor di Kecamatan Culamega, satu orang bernama Odin tewas setelah hanyut terbawa banjir di daerah Cikupa, Karangnunggal, dan satu jenazah perempuan tanpa identitas yang diperkirakan terseret banjir bandang di Cipatujah.

 

"Laporan dari Culamega dua orang tertimbun longsor, satu yang meninggal sudah ditemukan. Lalu satu lagi (yang meninggal akibat hanyut) ditemukan di Cipatujah, mayat perempuan tanpa identitas. Di Desa Pasir Kujang yang hanyut (Odin) ditemukan," ujar Kabid Penanganan Bencana Dinas Sosial Pemkab Tasikmalaya Rahmat Zaenal Mutaqin.

 

DT Peduli begitu mendapat informasi adanya kejadian bencana ini langsung menurunkan TIM Respon Bencana ke lokasi. DT Peduli langsung bergerak menuju lokasi dengan menurunkan empat orang Tim Rescue. Direncanakan malam ini akan tiba di Kantor Cabang DT Peduli Tasikmalaya, untuk kemudian berkoordinasi dengan tim yang sudah bergerak di lapangan, dan melakukan Aksi di ke esokan harinya, jelas Andri Adi, Manajer Program Kemanusiaan.

 

Kita semua berdoa yang terbaik agar semua nya mendapat pertolongan dari Allah SWT. Aamiin.