Banjir Bandang di Musi Rawas, DT Peduli Lubuklinggau Salurkan Bantuan

LUBUKLINGGAU – Hujan deras yang mengguyur wilayah STL Ulu Terawas dan Selangit, Musi Rawas, mengakibatkan banjir di beberapa titik sejak kamis (27/5). Intensitas curah hujan yang relatif tinggi membuat genangan air tak kunjung surut dan semakin meluas.

Akibatnya, aktivitas warga menjadi terhambat dan lima desa di Kabupaten Musi Rawas terdampak banjir tersebut. Kelima daerah tersebut, yakni Lubuk Ngin, Muara Nilau, Pasenan, Batu Gane, dan Taba Gindo. Lebih dari 1.567 kepala keluarga yang tersebar di beberapa kabupaten di Musi Rawas ikut terdampak.

Banjir bandang juga mengakibatkan 5 rumah hanyut, 2 unit rusak, sekolah rusak, dan ratusan unit rumah terendam dengan ketinggian bervariasi.

Untuk membantu para terdampak banjir, Daarut Tauhiid (DT) Peduli Lubuklinggau langsung bergerak ke lokasi warga terdampak. Jumat (28/5), DT Peduli Lubuklinggau memberikan bantuan logistik awal hasil koordinasi dengan BPBD setempat. Adapun bantuan yang diberikan yaitu makanan siap saji, beras, air mineral, dan pakaian layak pakai.

“Akses jalan menuju daerah terdampak banjir juga tergenang dan tanah yang rusak sehingga menjadi tantangan besar bagi tim DT Peduli untuk bergerak menyalurkan bantuan ke lokasi tersebut,” ujar relawan DT Peduli Lubuklinggau, Hoirul Fatah.

Hoirul menjelaskan, berdasarkan hasil asesmen awal, sementara ini warga yang berada di lokasi pengungsian membutuhkan bantuan makanan siap saji, air minum kemasan, alat mandi, obat-obatan, selimut, dan popok bayi. (Feti/Astri)